Moodle 3.2 Diluncurkan !

Tanggal 5 Desember 2016 yang lalu Moodle 3.2 diluncurkan. Versi ini hasil kerja keras luar biasa dari komunitas termasuk didalamnya Moodle institutions, Moodle Partners, ratusan developers dan pengguna Moodle dimanapun berada.

Fokus terbesar dari rilis ini adalah pada user experience dan accessibility.

Terdapat basis theme baru yang bernama Boost. Walaupun demikian perubahan yang dilakukan tidak terlalu radikal sehingga diharapkan tidak terlalu menyulitkan bagai para pengguna lama untuk menyesuaikan diri dengan theme yang baru ini. Ada beberapa perbaikan di navigasi yang pada intinya membuat ruang layar bagian tengah menjadi terasa lebih lega

Disamping itu juga telah dilakukan perbaikan dan peningkatan terhadap sistem messaging dan notifications. Pengembangan atas peningkatan tersebut disponsori oleh team dari Universtias Minessota.

Kemudian dibuat juga fitur untuk mengajak para pengguna baru untuk melakukan Tur, berkeliling Moodle dengan User Interface barunya yang berbasis Boost. Fitur ini dikembangkan dan disponsori oleh teman-teman dari Universitas Dublin City.

Fitur utama lainnya yang dikembangkan adalah pada bagian embedded media player yang berbasis video.js, yang dapat mendukung video captions dan teks terjemahan, interactive report graphics yang baru, comply dengan LTI 2, dan banyak lagi. Secara keseluruhan ada sekitar 623 buath pengembangan dan perbaikan.

Leave a Reply