7 Langkah Untuk Sukses Melakukan Blended Learning

Blended learning semakin berkembang seiring dengan kemudahan dalam menggunakan Learning Management System (LMS). Berikut ini beberapa langkah/saran yang dapat dilakukan agar mendapatkan tingkat keberhasilan yang tinggi dalam menerapkan blended learning :

  1. Memiliki rencana: Mencampurkan beberapa model penyampaian/pengajaran yang berbeda dalam proses pembelajaran/pelatihan adalah sebuah perubahan yang strategis. Hal semacam ini membutuhkan kehati-hatian dan pandangan yang jelas terutama dari pihak manajemen. Bahkan kalau perlu, dari awal sudah melibatkan para ahli pembelajaran untuk menghindari permasalahan dimasa datang.
  2. Melakukan langkah-langkah kecil, satu target untuk tiap satu satuan waktu: Melakukan pendekatan yang sistematis pada proses pelaksanaan dan cepat belajar dari kesalahan. Keberhasilan-keberhasilan kecil akan memberikan kita pengetahuan dan cara serta motivasi untuk langkah berikutnya yang lebih baik.
  3. Melibatkan staff dan siswa dalam proses: Jangan terlalu berasumsi bahwa Kita lah yang mengetahui apa yang diperlukan oleh siswa dan staff. Tetapi lebih baik kita tanyakan kepada mereka, lalu dapatkan umpan balik dan komentar dari mereka.
  4. Menyatakan tujuan belajar dengan jelas: Semua aktivitas baik daring (online) maupun off line harus berdampak dan mengarah pada tujuan pembelajaran semula. Kita juga harus bisa memberikan perkiraan capaian pembelajaran yang jelas kepada para siswa sejak dari awal.
  5. Memiliki sumberdaya belajar yang benar: Materi dan sumber daya yang diperlukan dalam pengajaran secara daring (online) akan sangat berbeda dan model offline/tradisional. Interaktifitas, materi yang mengundang, materi yang diukur dengan ukuran digital (bit) dan lain sebagainya akan memperkaya pengalaman belajar.
  6. Menjadikan sistem berfungsi bagi Anda: Proses yang benar dan pengaturan urutan (workflow) yang benar akan memastikan proses pembelajaran akan cocok dan tepat (comply). Pertimbangkan sistem serta kemampuannya yang ada saat ini: dengan cara apa kita dapat menggunakan teknologi untuk menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang sebenarnya tidak ada gunanya lagi ?
  7. Amati, perbaiki, dan ulangi: Seandainya sudah berjalan, kemudian apa lagi…? Jangan lupa untuk selalu mengamati data-data yang masuk: angka-angka dan berbagai umpan balik yang dapat memberitahu kita apakah tujuan belajar dapat dipenuhi atau tidak.

 

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply