Plug-in Moodle untuk Gamifikasi, Pembelajaran Individu

Di North Carolina State University, para instruktur bisa mengubah kelas mereka menjadi sebuah permainan yang sangat mengacu pada individunya (personalized game). Para siswa menyelesaikan kelasnya dengan menggunakan software manejemen pembelajaran Moodle untuk mendapatkan nilai (points) dan meningkatkan kecanggihan Avatar mereka melalui beberapa pencapaian.

Teknologi dibalik permainan ini adalah sebuah Plug-in Moodle yang dibangun sendiri oleh pihak universitas. Plug-in ini memungkinkan setiap siswa menjalankan jalur belajar yang berbeda-beda melalui kelas-kelas yang tersedia.

Setiap siswa akan memiliki sebuah Avatar sebagai karakter pada permainannya, biasanya bentuknya berupa karakter kartun dengan nama tertentu. Layaknya dalam sebuah komputer game, Avatarnya memiliki jenis kepribadian yang ditentukan oleh Siswa berdasarkan dirinya sendiri. Termasuk keahlian-keahlian yang sudah dimilikinya.

Secara standar misalnya, setiap siswa harus melakukan wawancara manajer, menjadi sukarelawan, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan mengembangkan rencana karir nya menjelang akhir dari kelasnya.

Tetapi disisi lain, para siswa juga dapat menentukan jalur karir dan belajar sesuai dengan keinginannya. Katakanlah jika seorang Siswa ingin bekerja sebagai pelatih basket di sebuah SMA, plugin permainan ini akan menampilkan deskripsi pekerjaannya berikut keahlian-keahlian apa saja yang diperlukan. Siswa tersebut harus bisa mendapatkan sejumlah point untuk setiap keahlian tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tersebut.

Kelihatannya sangat menarik model pembelajaran seperti ini, para siswa sangat bersemangat dan senang melakukannya.

Setelah dikembangkan selama lebih kurang tiga tahun, team pengembang kini (May-2016) sedang mempersiapkan rilis plugin ini di komunitas openn source Moodle di awal musim gugur 2016.

 

Leave a Reply