Gamification, hal lama yang jadi trend baru

Gamification menurut wikipedia adalah :

the application of game-design elements and game principles in non-game contexts.

Jadi sangatlah sejalan dengan sebuah pendapat yang mengatakan bahwa masa kanak-kanak itu sebaiknya terpuaskan dengan berbagai permainan, baik dari sisi model permainan maupun lamanya si anak berada dalam dunia bermain tersebut.

Banyak diantara permainan itu ternyata mengandung berbagai hal (dalam bentuk simulasi) dari kehidupan yang riil kita sehari-hari, termasuk yang bersentuhan dengan perilaku manusia pada umumnya sehingga dapat membuat kita sangat tertarik dan bertahan lama pada hal tersebut.

Misalnya, bagaimana mungkin ada seseorang yang tahan berlama-lama, berjam-jam  bahkan berhari-hari di depan komputer untuk bermain game. Itu tandanya ada ‘sesuatu’ yang dapat ‘menahan’nya di sana.

Hal ini lah yang kemudian dikembangkan oleh manusia untuk digunakan pada konteks yang berbeda (bukan game). Kesukaan manusia akan aktualisasi diri adalah salah satu yang dimanfaatkan oleh pembuat game untuk membuat game nya menarik. Berbagai bentuk hadiah baik berbentuk riel maupun virtual disajikan terkait dengan materi game. Model hadiah ini yang dikonversi oleh para pendidik untuk membuat materi didikannya menarik dan dipelajari dengan semangat oleh para siswanya. Hal yang sama mungkin dulu pernah dilakukan oleh orang tua atau guru kita dulu untuk supaya materi pelajarannya menjadi sesuatu yang ditunggu dan dinanti oleh para murid, walau kala itu belum ada komputer atau gadget yang secanggih saat ini.

Tapi di sisi lain, ada beberapa hal yang dengan gamification justru akan menimbulkan kontra produktif jika kita tidak cermat dalam membuat, menempatkan, dan menyajikannya. Biasanya gamification hanya akan efektif untuk hal-hal yang bersifat ringan dan temporer. Karena pada dasarnya konteks yang diberi sentuhan game/permainan memang pada dasarnya bukan sebuah game/permainan. Untuk beberapa hal, mendesain gamification membutuhkan investasi yang cukup besar, dan terkadang tidak seusai dengan ROI (return on investment) yang diperoleh.

Silahkan dicoba dan diterapkan dengan bijak dan cerdik, menjadi menarik dan menantang saat ini karena dukungan teknologi sedemikian ‘sexy’ nya 🙂

Jadi Gamification adalah mainan lama yang jadi  trend baru 🙂

Happy learning and teaching !

Leave a Reply