Moodle 3.1 baru saja dirilis ! Apa fitur menarik nya ?

Moodle-3.1Moodle versi 3.1 telah rilis sekitar seminggu, tepatnya tanggal 23 Mei 2016. Cukup banyak perkembangan dari versi 3.0 ke versi 3.1, selain itu Moodle mulai mendukung Long Term Support selama 3 tahun ke depan untuk versi 3.1 ini.

Fitur baru yang penting dan mendasar adalah terkait dengan Kompetensi, tentu ini sangat mendukung bagi Anda yang menggunakan metode pendidikan yang berbasis kompetensi (Competency Based Education/CBE), atau metode lain yang mirip yaitu Mastery Learning serta metode lainnya yang berbasis perencanaan pendidikan (Learning Plans Based).

Sekarang Moodle juga memiliki fitur baru yang mungkin namanya tidak asing bagi banyak orang, yaitu recycle bin. Ya, tepat sekali dugaan Anda ! Fungsinya mirip seperi recycle bin di sistem operasi Microsoft. Yang unik dari fitur ini adalah sejarahnya, karena ini merupakan fitur pertama yang persetujuan pengembangannya diputuskan oleh Moodle Users Association.

Selain itu, bagi para Trainer atau Guru, jikalau memberikan tugas, maka ketika akan mereview jawaban tugas dari siswanya, dapat memberikan catatan dan komentar lebih leluasa pada dokumen tugas yang dikumpulkan oleh siswa tersebut. Dokumen yang didukung adalah yang berbentuk *.pdf. Untuk mendukung annotation pada format file office (doc, docx, odt), kita perlu menginstall unoconv, yang fungsi nya untuk menkonversi dokumen-dokumen Office menjadi pdf. Karena pemberian catatan tersebut hanya dapat dilakukan pada *.pdf.

600px-NFAssignmentGrading2

Jika unoconv tidak di install maka pemberikan catatan oleh Guru/Trainner hanya dapat dilakukan jika Siswa mengumpulkan file nya dengan format *.pdf.

Masih banyak lagi fitur menarik di versi 3.1 ini. Bagi Anda yang akan upgrade ke versi 3.1 perlu diperhatikan bahwa dukungan hanya diberikan upgrade dari versi 2.7. Jadi jika Anda masih menggunakan versi sebelum 2.7, harus dilakukan secara bertahap ke versi 2.7 terlebih dahulu.

Demikian juga bagi yang menggunakan MySQL, Moodle versi 3.1 sudah tidak mentolelir engine MyISAM, semua minimal harus dikonversi ke InnoDB. Dan yang penting juga Anda periksa secara teliti apakah Plugins yang digunakan memang sudah didukung di versi 3.1, kalau tidak akan menjadi masalah ke depannya.

Bagi Anda yang sudah mulai menggunakan PHP versi 7, maka Moodle sudah ready untuk PHP versi 7 sejak Moodle versi 3.0, tentu dengan janjinya yang dapat memberikan kecepatan jauh lebih baik dari PHP versi 5.x.   Ayo tunggu apa lagi 🙂

Leave a Reply