Moodle, Antelope dan Baracuda

Jika Anda menggunakan LMS Moodle yang ukurannya sudah sangat besar, sedangkan databasenya memakai MySQL dengan tabel-tabel ber file format Antelope, maka sangat disarankan untuk merubahnya ke tabel-tabel dengan file format Barracuda.

Karena, tabel-tabel yang menggunakan file format Antelope, tidak dapat menangani lebih dari 10 text columns. Format file ini hanya mendukung format baris data  compact dan redundant untuk alasan backward compatibility. Hal semacam ini dapat menjadi masalah pada situs berukuran besar ketika pelaksanaan restore  sebuah kelas tertentu, kemungkinan pesan error yang akan muncul akan seperti di bawah ini kurang lebih :

Row size too large (>8126). Changing some columns to TEXT or BLOB or using ROW_FORMAT=DYNAMIC or ROW_FORMAT=COMPRESSED may help.

Barracuda adalah file format innoDB terbaru. Untuk tambahan dukungan terhadap format baris data compact dan redundant, Barracuda juga mendukung format baris data compressed dan dynamic.

Hingga saat ini, melakukan konversi tabel-tabel ke Barracuda hanyalah sebuah saran, bukan merupakan keharusan. Tetapi jika LMS Anda menjadi besar ukurannya, maka barulah saran ini akan sangat membantu.

Leave a Reply